PPID Universitas Airlangga

UNAIR Peringkat 2 Indikator Excellent Webometrics

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Universitas Airlangga kembali mempertahankan peringkat lima besar kampus terbaik di Indonesia berdasar Webometrics. Pemeringkatan yang dilakukan enam bulan sekali itu mencatat Unair sebagai peringkat ke-2 indikator Excellent di Indonesia dari sebelumnya di posisi ke-5.

Direktur Sistem Informasi dan Digitalisasi (DSID) Universitas Airlangga Yunus Abdul Halim SSi MKom mengatakan, di Jawa Timur, Universitas Airlangga menduduki peringkat pertama. Sementara, dari peringkat dunia, Universitas Airlangga sukses naik dari peringkat ke-990 menjadi 865. ”Ada tiga indikator penilaian Webometics, yakni impact dengan bobot 50 persen, openness 10 persen, dan excellence 40 persen,” katanya.

Universitas Airlangga mendapatkan nilai 909 untuk indikator impact, 1.033 untuk openness, dan 1.231 untuk excellence. Selain Universitas Airlangga, lima perguruan tinggi lain di Indonesia yang masuk sepuluh besar adalah Institute Pertanian Bogor (IPB) peringkat ke-911 dunia, Universitas Sebelas Maret (1.037), Universitas Diponegoro (1.156), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (1.163), dan Universitas Hasanuddin (1.231).

”Webometrics ini sistem ranking akademik internasional terbesar yang memberikan penilaian website dan publikasi penelitian di institusi pendidikan tinggi dunia,” jelasnya.

Yunus menambahkan, nilai excellence Universitas Airlangga naik 187 poin dari peringkat sebelumnya. Jadi, dari indikator tersebut, kampus tersebut berhasil menduduki posisi kedua excellence setelah Universitas Indonesia. Kenaikan nilai tersebut karena link atau tautan Universitas Airlangga yang rusak sudah dibersihkan. ”Jadi, web portal Universitas Airlangga yang tidak berfungsi dan kami shutdown ada 1.000 lebih menjadi 600-an situs,” ujarnya.

Baca juga: Raih Peringkat 345, UNAIR Tingkatkan Riset Multiyear

Berita Terkini
Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp